Kamis, 27 Januari 2011

AMAL SHALIH....

Dalam terminologi Islam, "amal shalih" itu  bukanlah sekedar amal-amal akhirat, tetapi semua karya yang berbasis keimamnan yang juga berarti keteraturan, tertib, kontinuitas, akuntabilitas [amanah], terprogram, dan berdampak bagi  kemaslahatan umum. .
Ini berarti Islam menawarkan sistem pengorganisasian yang andal dan matang. Ada adagium mengatakan :" Al Haqqu bilaa Nidhamin yaghlibuhul baathilu bin nidham."- Kebaikan [yang hak] yang tidak terorganisir dengan baik akan [sangat mudah] dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir dengan rapih [dengan sistem jaringan kerja (network) yang kuat."].

Sahabat Umar bin Khattab membagi golongan orang beramal kedalam tiga tipe:
1. Orang bekerja [beramal] tipe pembantu, ia hanya bekerja sesuai yang diperintahkan oleh tuannya, tidak ada kreativitas dan tidak ada inisiatif. Maka , produk yang dihasilkan sesuai perintah.
2. Orang beramal [bekerja] tipe pedagang, Tipe ini hanya mau bekerja dengan perhitungan untung rugi, yang menguntungkan bagi jangka pendeknya ia lakukan,  sebaliknya jika secara matematis merugikan ia tinggalkan, kerjanya hanya menghitunghitung pahala.
3. Tipe orang beramal karena kecintaannya dengan motivasi pengabdian. Ia akan bekerja sebagus mungkin..Ia akan berusaha memuaskan pelanggan, memuaskan stakeholder dan pihak-pihak mana pun yang harus dilayani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar atau Pertanyaan jika ada yang ingin ditanyakan