Rabu, 16 Februari 2011

BODOH ALIAS JAHIL...

Mendengar dan membaca kata "Bodoh" terbayang aku pada zaman jahiliyah dulu. Karena kebodohan orang-orang Quraisy, jika mempunyai anak perempuan, sudah jelas akan dibunuh atau dipotong lehernya atau dikubur dalam-2, dengan argumentasi bahwa anak perempuan membuat keluarga hina, menjatuhkan martabat dan sebagainya.


Kebodohan adalah musuh kita, sebab dengan kebodohan seseorang akan merasakan kesulitan hidup, kehidupan yang serba semraut, tak menentu arah. Maka banyak pertanyaan yang diungkapkan para komunitas "Stupidness", "Mengapa aku bodoh ??? mengapa aku dulu tidak sekolah, atau mengapa waktu masa-masa sekolah aku tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya ? sehingga aku bisa menjadi orang pintar "smart"?
Ach...ada-ada saja....nasi sudah jadi jujur.

Dalam tinjauan agama banyak disinyalir bahwa kebodohan itu akibat; pertama prasangka buruk, lihat QS.48:6, 24:50, atau mungkin merasa cukup, tak perlu hidayah, lihat QS. 96:6-7, 5:104, 31:21, atau merasa sombong pada Allah SWT. lihat QS. 7:12, 38:75-76, 11:27, juga karena adanya sifat selalu mengikuti hawa nafsu, lihat QS. 45:23, yang terakhir karena bersifat Taqlid buta, yakni mengikuti segala aktifitas keagamaan tanpa didasari oleh ilmu pengetahuan, lihat QS. 17:36. Lengkap sudah arahan Allah dan informasi yang dipaparkan pada kita (manusia) tinggal bagaimana kita mengimplementasikan ajakan Allah tersebut." mari kita berbuat dari sekarang, jangan tunda-tunda lagi, sebab kematian tidak ada sinyalnya tuk memberitahu kita....Do today...do today.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar atau Pertanyaan jika ada yang ingin ditanyakan