Rabu, 26 Januari 2011

KIAMAT...

Dalam bahasa agama, "Kiamat" itu ada dua macam, pertama, Kiamat Sughra [kecil], dan yang kedua, Kiamat Kubra [besar]. Salah satu tanda-tanda Kiamat Sughra adalah "Kematian".Memang tidak ada tanda-tanda yang pasti akan datangnya kematian kepada seseorang.


Bahkan kematian itu datang dengan tiba-tiba. Ada syair termasyhur menyatakan,"Betapa banyak orang yang sehat mati tanpa sakit
                                      Sedangkan yang sakit masih hidup beberapa lama".

Karenanya, seseorang diminta untuk selalu mempersiapkan diri untuk menyambut kematian yang akan datang. Sesungguhnya kematian itu telah ditentukan oleh Allah SWT."Maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat [pula]memajukannya."QS.Al A'raf:34.
Adapun Kiamat Kubra Allah telah memberi tanda-tanda yang menunjukkannya bahwa ia telah dekat dan hampir terjadi.,lihat QS.Muhammad: 18 dan QS. al-Qamar:1.
Ada tiga katagori tanda-tanda kiamat yang lain: 1] Tanda-tanda yang telah datang dan berlalu. 2] Tanda-tanda yang telah datang dan terus terlihat jelas oleh manusia.3] Tanda-tanda yang belum datang sama sekali.sabda Nabi  saw."Aku telah diutus; sedang aku dan hari kiamat adalah seperti dua jari ini." sabda Nabi saw. yang lain:"Hitunglah enam tanda sebelum datangnya hari kiamat: Kematianku, terbukanya Baitil Maqdis, dua penyakit maut yang akan merenggut kamu sebagaimana singa-singa yang menerkam kambing."Dan yang paling populer sabda Nabi saw tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah :Ilmu akan diangkat, kebodohan merajalela, banyak perzinahan, banyak minuman keras, sedikit laki-laki dan banyak perempuan, bandingannya laki-laki satu berbanding lima puluh perempuan."HR.Bukhari dan Muslim, dari Anas r.a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar atau Pertanyaan jika ada yang ingin ditanyakan