Senin, 24 Januari 2011

KUTITIPKAN ILMU DAN AMAL UNTUKMU

     Ilmu dalam kajian referensi manapun akan selalu menarik untuk kita telaah dan diskusikan. Hal ini disebabkan dengan ilmulah manusia akan diangkat derajatnya oleh Sang Pencipta Alam ini, dan dengan ilmu pulalah manusia akan merasa ringan dan mudah dalam menghadapi lika-liku kehidupan yang serba teka-teki ini.

Karenanya Rasulullah saw menganjurkan umatnya untuk selalu intens melakukan pencarian dan kajian, agar pola pikir[intelektual],tindakan keseharian [muamalah] akan sejalan dan serasi. Ada adagium lama mengatakan "Ilmu tanpa amal bagaikan kehidupan tanpa roh", sementara "Amal tanda ditopang oleh Ilmu" tak ubahnya seperti ombak yang berkejaran menepi bibir pantai. Ilmu dan Amal harus sejalan seiring, kemana mereka berjalan keduanya harus kompak, satu sama lain saling menupang. Tidak bisa kehidupan ini hanya berlandaskan Ilmu ansich, atau sebaliknya, kehidupan ini harus ditegakkan dengan Amal. Ini merupan asumsi dan persepsi yang keliru, Sang Khaliq menegaskan," Carilah akhiratmu tuk kehidupanmu kelak disana, tapi jangan lupa carilah Dunia sebagai bekal menuju kesana.
     Lain lagi jika kita berbicara tentang "Amal". Sebuah ibadah yang dilakukan seseorang [hamba] Allah saat ia masih diberi kesempatan nikmat untuk berbuat. Tentunya berbuat yang mampu menggerakkan umat lainnya, dengan kata lain "bermanfaat' terhadap kelangsungan mereka. Ingat...sabda Nabi saw. "Sebaik-baik manusia adalah manusia yang selalu mendatang manfaat terhadap manusia lainnya." Yang menjadi masalah ialah, Ilmu dan Amal yang bagaimana menurut kacamata Sang Pangeran yang harus kita implementasikan dalam kehidupan yang serba fana ini ????? Apakah kita yang berprofesi sebagai Guru, Dosen, Guru Besar, cukup dengan sekedar mentransfer ilmu kita kepada murid, mahasiswa ???? atau kita beramal, berinfaq, bersedekah, berzakat sekedar  mengikuti anjuran yang qath'ie ??? Naif sekali.....lebih jauh dari itu semua, adalah adanya keikhlasan dan keistiqamahan kita dalam berkarya di berbagai disiplin aktifitas, sabda Nabi saw,"Allah sangat mencintai sebuah amal ibadah walau kecil namun dilakukan secara kontinuitas. Dan Allah sangat murka dengan aktifitas hambaNya, banyak tapi hanya dilakukan sesaat saja.:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar atau Pertanyaan jika ada yang ingin ditanyakan